image
  • By Admin
  • 24 Jun 2024

5 Strategi Agar Rapat Tim Lebih Efektif dan Fasilitatif

Rapat ini bisa dilakukan lebih singkat dan bisa dikirim email saja!

Mungkin Anda pernah mendengar ucapan ini dari kolega Anda setelah menyelesaikan rapat.

Belakangan ini, rapat sering dianggap sebagai aktivitas yang menyita waktu, hanya untuk mendengarkan pembahasan yang sistematis tanpa penyelesaian yang konkret. Namun, rapat yang efektif dapat terjadi apabila informasi yang dibagikan sesuai dengan tujuan yang jelas, adanya proses pengambilan keputusan dalam tim, pertukaran ide-ide baru, atau studi kasus terhadap isu yang sedang dihadapi.

Menjalankan rapat yang dapat menginspirasi tim dan mendorong kolaborasi memang tidak mudah. Oleh karena itu, sebagai seorang leader, Anda perlu merancang rapat agar membuahkan hasil yang nyata. Hal ini akan membuat peserta rapat merasa terlibat dan berkontribusi dalam setiap sesi.

Berikut adalah lima cara agar rapat lebih efektif dan berdampak yang perlu Anda terapkan:

1. Tentukan Tujuan yang Jelas

 

Apakah Anda sering mengadakan rapat tanpa tujuan yang jelas?

Menentukan apakah rapat tersebut benar-benar diperlukan adalah langkah pertama yang harus Anda diskusikan dengan rekan kerja. Anda juga perlu menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas untuk setiap pertemuan dengan tim.

Buatlah skenario efektif untuk memandu diskusi dan undang hanya mereka yang memang perlu terlibat. Ini akan menghindari kehadiran pasif dan memastikan setiap peserta berkontribusi aktif dengan ide dan pemikiran mereka.

2. Susun Agenda Rapat

Dalam setiap agenda rapat, jarang sekali terlihat adanya persiapan atau skema yang akan dibahas. Akibatnya, rapat sering berjalan tanpa arah.

Untuk mengatasi hal ini, tunjuklah seorang fasilitator dalam tim Anda. Fasilitator dapat mengarahkan diskusi, meningkatkan partisipasi, serta memediasi perbedaan, sehingga waktu dapat digunakan lebih efisien.

Berikut adalah panduan praktis untuk menentukan durasi Rapat Anda

Sumber: Lynda.comHarvard Business ReviewAgile RetrospectivesSlackhq.com 

3. Pahami Kategori Kebutuhan

Pahami apa kebutuhan dari rapat ini dilakukan dengan mengkategorikan sesuai tujuannya: apakah rapat ini untuk pengambilan keputusan penting, mencari solusi kreatif, atau sekadar berbagi informasi. Misalnya, jika Anda mengadakan rapat untuk memutuskan strategi produk baru, fokuskan diskusi pada produk  yang ada dan buat keputusan akhir. Jika tujuannya adalah mencari solusi kreatif, dorong peserta rapat untuk berbagi ide tanpa batasan. Jika rapat bertujuan untuk berbagi informasi, pastikan semua peserta mendapatkan update yang jelas dan rinci. Dengan demikian, rapat akan berjalan lebih efektif dan organisasi Anda akan menjadi lebih agile!

4. Ciptakan Rapat yang Fasilitatif

Sebagai seorang leader, perlu menjalankan rapat dengan  pendekatan yang fasilitatif. Libatkan semua peserta dengan mendorong keterlibatan aktif, seperti meminta setiap anggota tim untuk menyampaikan pendapat mereka selama diskusi. Dengarkan dengan empati untuk memahami berbagai perspektif, misalnya dengan mengadakan sesi tanya jawab di mana semua kekhawatiran dapat diungkapkan dan dijawab. Dorong kolaborasi produktif dengan menciptakan lingkungan yang fasilitatif di mana ide-ide dapat dibagikan secara bebas dan diskusi yang konstruktif dapat berlangsung, seperti mengatur sesi brainstorming untuk pengembangan produk atau pemasaran baru. Dengan cara ini, Anda akan meningkatkan efektif rapat dengan mendorong tim Anda mencapai tujuan bersama.

5. Lakukan Evaluasi Singkat


Untuk memastikan rapat berjalan efektif, luangkan waktu 5-10 menit di akhir untuk evaluasi singkat menggunakan pendekatan fasilitatif dan pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning). 

Pastikan peserta memahami isi rapat dengan mengajukan pertanyaan seperti:

  • Apa keberhasilan yang diperoleh dari rapat ini?
  • Apa langkah selanjutnya agar tujuan rapat ini tercapai maksimal?

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat mendorong kolaborasi, berkomunikasi dengan anggota tim Anda, dan menghasilkan ide-ide baru dalam setiap rapat. 

Gtrust Consultancy menawarkan program "How to Run an Effective Meeting" yang dirancang khusus untuk Anda dan tim Anda. Program ini memberdayakan peserta dalam merancang dan melaksanakan rapat yang produktif dan menarik melalui latihan praktis dan panduan dari para ahli, memastikan setiap rapat menjadi penggunaan waktu yang berharga bagi semua yang terlibat. 

Daftar sekarang  melalui www.gtrust.id dan transformasikan Rapat Anda menjadi lebih efektif dan fasilitatif!


 

Share: